Tips gowes menaklukkan tanjakan bagi pesepeda pemula - Gowes Gayeng Semarang dan Sekitarnya

Latest

Senin, 22 Mei 2017

Tips gowes menaklukkan tanjakan bagi pesepeda pemula


Salam Gowes Gayeng, bagi para pesepeda yang sudah master tentunya sudah tidak asing lagi dengan jarak tempuh yang sangat jauh bahkan mencapai ratusan Kilometer, menaklukkan tanjakan juga sudah menjadi hal yang sangat biasa.

namun bagi para pesepeda pemula hal tersebut tidak bisa dipaksakan, karena jika dipaksakan akan mengakibatkan tubuh Drop, sakit pada kaki dan lemas karena lelah yang berlebihan.
untuk itu bagi pemula wajib hukumnya untuk memulai dari yang ringan, sedang, baru bisa sampai ke tahap yang berat.
berikut ini beberapa trik yang bisa diterapkan bagi pesepeda pemula untuk menaklukan tanjakan :
  • Tahap pertama adalah mengambil ancang-ancang dengan cara memberi tambahan kecepatan pada jalan yang datar sesaat sebelum hendak memasuki jalur yang menanjak. kemudian pindahkan gear/gigi pada rasio yang ringan dan mempercepat kecepatan kayuhan pedal. hal ini akan membantu memberikan dorongan yang cukup pada saat kita menanjak.
  • Selanjutnya memberikan dorongan/pressing keras pada pedal dan mengerahkan tekanan di seluruh pedal stroke ketika kita mulai memasuki jalur menanjak. dalam hal ini jangan terlalu memaksakan tenaga karena bisa mengakibatkan tubuh drop.
  • Pola pernapasan harus selalu terjaga, hal ini bertujuan untuk memasok oksigen pada otot-otot yang sedang bekerja. Menjaga pinggul tetap dekat dengan bagian belakang sadel ketika duduk dan menjaga punggung lurus untuk memastikan agar dada dan paru-paru tetap terbuka.
  • Yang berikutnya adalah mengencangkan perut dan merendahkan kepala ke arah sepeda untuk mengurangi hambatan angin dan meningkatkan kecepatan saat bersepeda. jika posisi tubuh tidak datar secara otomatis dapat menghambat percepatan karena badan menahan angin dari arah depan.
cara mengatur nafas saat bersepeda
teknik bersepeda jarak jauh
cara pindah gigi sepeda
tips bersepeda agar tidak cepat lelah
teknik bersepeda yang baik
gigi sepeda shimano
teknik bersepeda road bike
cara bersepeda gunung yang benar